Manfaat Kangkung Bagi tubuh

Manfaat Kangkung Bagi tubuh | Sehat dengan go green - Sahabat pasti sudah paham betul dengan kangkung, salah satu syuran terpopuler dan murah meriah yang ada di Indonesia biayanya sih dibuat cah kangkung. Namun begitu kangkung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia lho.



Sekilas tentang kangkung

Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

Lalu apa manfaat kangkung bagi tubuh manusia?


Meningkatkan kesehatan tubuh

Kangkung kaya akan zat antioksidan bernama phyuto yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu kangkung juga mengandung sejumlah besar vitamin A, C, B kompleks, asam folat, piridoksin, niasin, dan riboflavin.

Kaya akan mineral
Kangkung mengandung mineral yang sangat tinggi seperti kalsium, mangan, besi, magnesium, tembaga, kalium, dan seng. Semua mineral ini bermanfaat untuk respirasi sel dan meningkatkan produksi sel dalam darah.

Menyingkirkan bau mulut
Kangkung mengandung minyak esensial seperti estragole, cineol, icomene, dan phellandrene. Minyak tersebut mampu membantu Anda untuk mengurangi bau mulut yang diakibatkan karena mikroba di dalam mulut.

Mengontrol jumlah trombosit
Sebuah penelitian membuktikan bahwa kangkung mengandung zat kimia tertentu yang baik untuk mengontrol jumlah trombosit di dalam darah. Zat ini juga berfungsi untuk mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.

Mengurangi stres dan gula darah
Kandungan senyawa poli-fenolik di dalam kangkung bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Oleh karena itu apabila Anda menderita diabetes, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang alami daripada mengonsumsi obat-obatan kimia.

Mengobati sakit gigi
Sedang mengalami sakit gigi? Cobalah untuk mengunyah beberapa daun kangkung, sebab minyak esensial di dalamnya yaitu eugenol bermanfaat sebagai zat antiseptik dan anestesi gigi.

Meningkatkan nafsu makan
Kangkung mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Oleh karena itu sayuran ini baik dikonsumsi mereka yang tidak doyan makan. Kangkung juga dikenal sebagai obat dispepsia (mengobati gangguan pencernaan), perut kembung, dan insomnia.

0 komentar

Posting Komentar